UJIAN TENGAH RESPONSI SOSIOLOGI PERTANIAN

UJIAN TENGAH RESPONSI
SOSIOLOGI PERTANIAN
Rabu, 3 Juli 2013
I.    Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar

Ciri-ciri organisasi sosial menurut Bareldson dan Staimun adalah 1) formalitas 2) hierarkhi 3) besarnya dan kompleksnya(birokrasi)  dan  4) lamanya(duration)  Unsur-unsur organisasi antara lain 5) keikutsertaan 6) kesediaan memberi suatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok 7) tanggung jawab Cara memperoleh status antara lain 8) ascribet status 9) achieved status dan 10) assigned status Seseorang tidak dapat berpindah dari satu lapisan ke lapisan lain baik ke tingkat lebih atas maupun lebih rendah disebut 11) stratifikiasi sosial (lapisan sosial)  sedangkan seseorang dengan kemampuannya dapat berpindah ke lapisan yang lain baik lebih rendah maupun lebih tinggi disebut 12)............ Gerak atau perpindahan seseorang dari kedudukan yang satu ke kedudukan yang lain disebut 13) gerak sosial dan dibedakan menjadi dua yaitu 14) gerak sosial vertikal 15) gerak sosial horizontal Ada empat macam prinsip hubungan yang mengikat sekelompok orang-orang desa yaitu16)...........17)............18)........... 19) .............. Siapa yang menyatakan teori tersebut20)..........

II. jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas

1. Apa yang dimaksud dengan pelapisan masyarakat menurut Pitirin A. Sorokin?
     Pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau hierarkis.

2. Sebutkan sumber-sumber konflik antar suku bangsa menurut Koentjaraningrat!
    Menurut Koentjaraningrat, konflik antar suku dapat tejadi karena 5 hal :
1. adanya persaingan dalam hal mendapatkan pencarian kehidupan yang sama
2. salah satu suku bangsa mencoba untuk memaksakan kebudayaannya
3. salah satu suku bangsa mencoba memaksakan konsep agamanya
4. berusaha mendominasi suatu suatu suku bangsa secara politis
5.  karea adanya konflik yang terpendam antar suku bangsa yang telah bermusuhan secara adat

3. Jelaskan perbedaan organisasi formal dan informal!
a. Organisasi Formal sekumpulan orang-orang yang bekerja sama untuk menghasilkan satu tujuan bersama, secara sadar dengan hubungan kerja yang rasional, contohnya seperti : Sekolah, Negara, dan lain lain
b. Organisasi Informal sekumpulan orang-orang yang terlibat dalam satu aktivitas bersama yang tidak di sadari, cntohnya seperti : belajar bersama-sama, camping, gathering bersama teman-teman dan lain sebagainya.

4. jelaskan perbedaan antar group sosial dengan organisasi sosial. Didalam masyarakat terdapat Kelompok tani, menurut kalian termasuk kedalam apakah kelompok tani? Berikan penjelasan!
a. Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.
b. Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.
Menurut saya kelompok tani termasuk golongan organisasi sosial, karena didalam sebuah kelompok tani dibentuk atas tujuan yang jelas dan memeiliki peranan-peranan yang terstruktur. Dan juga didalamnya terdapat aturan-aturan yang memiliki pasal-pasal bagi anggota ataupun masyarakat yang melanggar peraturan tersebut.

5. Berikan kesan dan pesan kalian selama mengikuti responsi!
Kesannya selama responsi : asdosnnya baik trus lumayan nyambung selama memberikan materi tapi kak kalo ngasih matei suaranya jangan kecil-kecil ya. Terus kalo ngajar agak tegas dikit kak biar kedengeran hehe.

~~Selamat Mengerjakan~~




UJIAN AKHIR RESPONSI
SOSIOLOGI PERTANIAN
Rabu, 3 Juli 2013
III.             Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar

Ciri-ciri organisasi sosial menurut Bareldson dan Staimun adalah 1).......... 2).......... 3).......... dan 4).......... Unsur-unsur organisasi antara lain 5).......... 6).......... 7).......... Cara memperoleh status antara lain 8).......... 9).......... dan 10).......... Seseorang tidak dapat berpindah dari satu lapisan ke lapisan lain baik ke tingkat lebih atas maupun lebih rendah disebut 11).......... sedangkan seseorang dengan kemampuannya dapat berpindah ke lapisan yang lain baik lebih rendah maupun lebih tinggi disebut 12)............ Gerak atau perpindahan seseorang dari kedudukan yang satu ke kedudukan yang lain disebut 13).......... dan dibedakan menjadi dua yaitu 14).......... 15)..........Ada empat macam prinsip hubungan yang mengikat sekelompok orang-orang desa yaitu 16)........... 17)............ 18)........... 19) .............. Siapa yang menyatakan teori tersebut 20)..........

IV.             jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas

1. Apa yang dimaksud dengan pelapisan masyarakat menurut Pitirin A. Sorokin?
2. Sebutkan sumber-sumber konflik antar suku bangsa menurut Koentjaraningrat!
3. Jelaskan perbedaan organisasi formal dan informal!
4. jelaskan perbedaan antar group sosial dengan organisasi sosial. Didalam masyarakat terdapat Kelompok tani, menurut kaalian termasuk kedalam apakah kelompok tani? Berikan penjelasan!
5. Berikan kesan dan pesan kalian selama mengikuti responsi!


~~Selamat Mengerjakan~~

Komentar

Postingan Populer