cara mendapatkan kebahagiaan


1. Latihan berpikir fokus. Mending hadapi apa yang ada hari ini. Daripada anda bingung menghadapi tugas besok, padahal anda sedang makan malam sama si dia, mending fokus kepada apa yang ada sekarang, makanan, si dia, percakapan dengan si dia…
2. Ketawalah keras2. Hanya dengan berharap ada suatu kejadian yang menyenangkan, tingkat hormon endorfin, dan hormon2 lain yang membahagiakan meningkat tajam, sedangkan hormon stress menurun habis.
3. Tidur. Banyak sekali orang yang kekurangan tidur. Tidur secara teratur dapat memberikan kelegaan dan meningkatkan mood anda jauh lebih baik daripada puluhan kali pijat.
4. Bersenandung. Musik menenangkan banyak hati. berbagai riset membuktikan bahwa musik mengaktifkan bagian otak yang memproduksi kebahagiaan — bagian yang sama untuk diaktifkan oleh makanan dan sex.
5. Rapi2. Hampir ga mungkin anda melakukan meditasi, bernapas dalam, tenang, kalo sekitar anda penuh dengan kertas, majalah, tugas2 yang belum kelar. secara alami anda ingin merapikan semuanya… 
6. Katakan tidak! Buang saja aktifitas yang tidak perlu dan tidak anda sukai. Jika ada orang yang cukup untuk jadi panitia 17-an, dan anda juga sudah BT, nggak ada masalah kan anda tidak bertugas lagi tahun ini?
7. Buat daftar. Tidak ada yang lebih menenangkan daripada anda membuat daftar tugas, sehingga tau apa yang harus anda kerjakan, dan akhirnya meredam rasa gelisah.
8. Lakukan satu persatu. Orang2 yang terbiasa multitasking, cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Maka daripada anda ngelipat baju sambil telepon, mending duduk santai dan konsentrasi sepenuhnya kepada pembicaraan di telepon. Konsep ini sama persis seperti nomor 1
9. Taman. tidak hanya udara segar dan gerak badan yang akan mengurangi stress dan memberikan perasan nyaman yang bertahan tidak hanya beberapa jam, bisa berhari2 lho!!
10. Jangan baca berita. Coba seminggu nggak baca berita sama sekali, nggak nonton berita. Cobalah “cuti” dari segala kengerian yang ada di dunia.
11. Ajak piaraan anda jalan2. Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki piaraan memiliki detak jantung dan level tekanan darah yang lebih baik.
12. Wangi. Riset menunjukkan bahwa aromaterapi, atau bau2an yang ada, benar2 mampu menurunkan level stress. Rosemary menurunkan kegelisahan, dan mendukung logika, Lavender menyebabkan rileks, bermacam2 aromaterapi sekarang tersedia.
13. Kunjungi tempat yang tenang. Perpustakaan, museum, taman, tempat ibadah, adalah tempat2 yang menenangkan hati dan jiwa.
14. Hitung berkat yang anda terima mreka yang mencoba berpikir dan merenungkan aspek2 positif dalam kehidupan mereka, akan mengalami hati yang lebih tenang.

Komentar

Postingan Populer